Cegah Keriput dari Sekarang!

Penuaan selalu tidak dapat pungkiri, seiring berjalannya waktu. diantara efek dari penuaan yaitu kerutan atau keriput pada wajah. Kerut atau sering disebut keriput pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri kita karena penampilan yang kurang menarik. Kerutan pada kulit mungkin tidak akan bisa dipungkiri , tapi mencegah itu apa salahnya agar tidak timbul kerutan dini.



Penyebab Kerutan Wajah

Kerutan sering terjadi karena menurunnya jumlah dan fungsi serat kolagen dan elastin yang fungsinya untuk membuat kulit menjadi elastis dan kenyal. Faktor penyebab Penurunan jumlah dan fungsi ini disebabkan oleh tingkat usia, warna kulit, lamanya terpajan sinar matahari, rokok, polusi, ekspresi wajah dan cairan untuk kulit.

Mencegah Kerutan Wajah

Selain dari beberapa faktor diatas yang mendorong akan terjadinya kerutan, Anda bisa mencegah timbulnya kerutan ataupun keriput pada kulit dengan melakukan langkah-langkah ini:


Konsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi

Apapun kita makan dan minum akan selalu berpengaruh pada penampilan. Protein, vitamin, mineral dan zat antioksidan (vitamin A, C, E, Zinc, Selenium, Glutation) merupakan salah satu dari zat yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan kulit termasuk kolagen dan epidermis. Dianjurkan apabila anda mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut, agar kebutuhan nutrisi untuk kulit terpenuhi. Semakin banyak kandungan air pada kulit maka semakin kenyal dan semakin mempermudah kulit untuk meperbaiki diri dibanding dengan kulit yang kering. Maka dari itu untuk menjaga kelembapan wajah ataupun kulit, bisa dengan mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan.

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Olahraga dan aktivitas fisik pun membantu melatih kinerja jantung dan mencegah terjadinya keriput. Apabila kerja jantung yang baik maka akan membuat sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar tidak terhambat, dan hasilnya kebutuhan oksigen untuk seluruh jaringan tubuh akan terpenuhi. Jika jaringan kulit terpenuhi kebutuhan oksigennya, maka proses perbaikan selnya pun menjadi lebih maksimal sehingga kulit akan terlihat muda dan terlihat kencang.

Cukup Tidur

Waktu tidur malam hari adalah periode terbaik untuk masa pemulihan sel-sel yang rusak. Lama waktu tidur 7-8 jam/hari adalah jumlah yang normal untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat. Kurangnya tidur akan membuat kulit terlihat kasar dan tidak bercahaya. Jika itu berlangsung terus-menerus, perbaikan pada sel dikulit akan terhambat dan meninggalkan kerut sebagai tandanya.

Gunakan Tabir Surya

Sinar matahari apabila dengan jumlah pajanan yang cukup akan bagus terhadap kulit kita namun apabila dalam jumlah berlebih merupakan musuh bagi kulit. berikut adalah efek negatif dari paparan sinar matahari diantaranya merusak serat-serat kolagen dan elastin, menumpuknya kulit mati dan menumpuknya pigmen. Untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, Anda bisa memakai tabir surya untuk melindungi kulit anda. Tabir surya bisa digunakan tidak hanya pada kulit, tetapi juga pada organ tubuh lain yang sering terpajan sinar matahari seperti leher, lengan dan tungkai. Akan lebih efektif apabila tingkat SPF dan UPF yang tinggi untuk perlindungan pada kulit kita di iklim tropis, pemakaian secara berkala dapat dilakukan agar kulit terlindung optimal.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Cegah Keriput dari Sekarang!"

Back To Top