Membuat Kue Pancong Endul Bana

Kue satu ini bisa dibilang salah satu kue tradisional dari negara kita yang sudah mulai hilang di pasaran. Saat saya masih kecil, kue pancong atau juga dikenal dengan nama kue rangin, kue gandos, atau bandros ini merupakan salah satu jenis kue yang merupakan kegemaran kami sekeluarga. Harganya cukup murah tetapi rasanya lumayan enak dan gurih. Ya, karena menggunakan parutan kelapa dan santan, resep pancong ini rasanya sangat gurih dan enak. Apalagi kalau diatasnya ditaburi gula pasir putih. Tetapi sangat disayangkan sekali, saat ini penjual kue tradisional ini sudah sangat jarang bisa ditemui. Untuk melestarikan budaya kuliner bangsa sendiri, kali ini kita akan mengajak teman teman untuk membuat resep pancong ini di rumah. Bahan bahan dan cara membuat kue pancong sangat mudah dan sederhana kok.

Bahan:

1. Tepung beras kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram.
2. Buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah.
3. Santan yang diambil dari perasan buah kelapa asli kurang lebih sebanyak 650 ml. (kalau malas untuk memeras  nya bisa menggunakan santan yang instan namun rasanya sedikit agak berbeda).
4. Garam dapur beryodium sebanyak 1 sendok makan. (sesuai selera)
5. Gula pasir secukupnya.

Cara Membuatnya:

  1. Langkah pertama adalah rebus santan yang akan digunakan sampai benar benar mendidih. Jangan lupa sambil diaduk aduk supaya kualitas santan bagus dan tidak pecah nantinya. Setelah matang diamkan sebentar supaya agak dingin baru dicampur dengan bahan lain.
  2. Ambil satu wadah cukup besar untuk adonannya dan masukkan tepung beras yang sudah diayak beserta garam dapur beryodium dan kelapa parutnya.
  3. Aduk aduk ketiga bahan diatas sampai benar benar tercampur rata.
  4. Tuang santan yang sudah direbus terlebih dahulu diatas ke dalam wadah adonan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata. Disarankan untuk mencampurnya dengan menggunakan tangan, tetapi boleh juga menggunakan alat bantu lainnya seperti sendok sayur.
  5. Siapkan cetakan kue pancongnya atau bisa juga menggunakan cetakan pukis atau kue apem diatas api dan tunggu sampai panas. Sebelum diberi adonan, teman teman bisa mengolesi cetakannya dengan sedikit minyak atau margarin supaya tidak lengket.
  6. Tuang adonan pancongnya ke dalam cetakan secukupnya dan tutup sampai matang.
  7. Ulangi sampai semua adonan habis kemudian angkat dan sajikan untuk hidangan cemilan keluarga.
Selamat Mencoba! :)
Tag : Resep
0 Komentar untuk "Membuat Kue Pancong Endul Bana"

Back To Top