Kue Klepon Isi Gula Merah Lumer

Kue yang satu ini sudah hampir lenyap dari dunia makanan dikarenakan adanya makanan-makanan luar negeri masuk ke negara kita. Padahal kue yang  satu ini sudah dipastikan ini kue yang unik dan diluar negeri gak bakalan ada, pada saat ini memilih makanan cemilan sangatlah harus hati-hati dikarenakan banyak pedagang-pedagang yang nakal. dari pada kita was-was mending kita sendiri yang memasak atau kita sendiri yang memilih makanan cemilannya. Salah satu dari bermacam-macam cemilan yang ada di negeri kita yang aman di konsumsi adalah Klepon ketan isi gula merah. Klepon itu mempunyai dua jenis yaitu ada klepon ketan dan kue klepon ubi. saat ini saya akan memaparkan cara membuat klepon agar makanan aman terhindar dari bahan-bahan yang membahayakan salah satunya bahan pengawet, anda bisa membuat klepon ketan di rumah dengan cara melihat disini. Kue klepon adalah kue jajanan khas negara indonesia yang cukup di kenal banyak orang namun sekarang sudah mulai sulit mencarinya maka dari itu kita harus memperkenalkan pada generasi selanjutnya agar kue yang unik ini tidak punah. Klepon mempunyai bentuk dan warna yang gampang diingat  sehingga menjadikan kue mudah sekali untuk di kenal. Bentuknya yang bulat serta warnanya yang hijau muda dan cerah yang di taburi dengan parutan kelapa membuat yang melihat tertarik ingin memakannya. Supaya lebih jelas, yuu kita cari tahu cara membuat klepon ketan.

Bahan-bahan :


  • 50 gr tepung beras
  • 2 sth pasta hijau pandan
  • ½ buah kelapa
  • 250 gr tepung ketan
  • 1 lmbr daun pandan
  • 190 gr gula merah jawa
  • 280 ml air bersih
  • ¼ garam dapur
  • ¼ sendok kecil kapur sirih
Cara membuat :
  1. pertama-tama sediakan kapur sirih dan air, kemudian endapkan didalam air terus ambil air kapur sirih sebanyak 2 sdk. kemudian sediakan wadah yang berukuran sedang untuk membuat adonan, setelah itu masukan tepung beras, tepung ketan, lalu aduk sampai tercampur rata kedua bahan tersebut.
  2. Tambahkan pasta pandan dan air kapur sirih, setelah itu aduk kembali hingga semuanya benar-benar tercampur. kemudian tambahkan air yang bersih dan juga matang secara perlahan sambil mengaduk adonan hingga menjadi adonan yang sempurna menurut anda.
  3. Jika adonan sudah bisa di bentuk, langsung saja di buat bentuk bulat dan bisa juga dibentuk lonjong gimana selera yang membuat, masukan irisan gula merah dan bentuk kembali adonan sampai bulat atau sesuai yang ingin diinginkan. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Sediakan air bersih dan masak hingga airnya mendidih dengan api yang tidak terlalu besar. Setelah air mendidih masukan semua bulatan adonan dan masak hingga bulatan adonan terapung. kemudian setelah itu angkat
  5. Sediakan kukusan dan wadah kembali untuk parutan kelapa, garam dan daun pandan. Aduk sampai tercampur rata. Kemudian kukus sebentar saja, lalu angkat
  6. Hidangkan klepon dan taburi dengan parutan kelapa di atasnya hingga rata. Kue klepon siap di sajikan.

Nikmatilah klepon selagi hangat dengan es teh manis untuk menemani anda di pagi atau sore hari. Cukup mudah bukan cara untuk membuatnya? Silahkan anda untuk mencobanya di rumah anda. semoga bermanfaat!
Tag : Resep
0 Komentar untuk "Kue Klepon Isi Gula Merah Lumer"

Back To Top